Beranda » Artikel Islam » Alasan Mengapa Sekolah SMK Rabbaanii Islamic Boarding School Menggunakan Bahasa Asing dalam Bahasa Pengantar dalam Kegiatan Belajar Mengajar, Selain Bahasa Nasional Bahasa Indonesia.

Alasan Mengapa Sekolah SMK Rabbaanii Islamic Boarding School Menggunakan Bahasa Asing dalam Bahasa Pengantar dalam Kegiatan Belajar Mengajar, Selain Bahasa Nasional Bahasa Indonesia.

T Diposting oleh pada 15 August 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 157 kali

Saat ini di Sekolah SMK Rabbaanii Islamic Boarding School menggunakan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab sebagai pengantar dalam kegiatan KBM selain dari Bahasa Nasional. Dikarenakan perkembangan zaman dan Teknologi semakin modern dan canggih, maka dirasakan perlunya untuk setiap siswa memiliki kemampuan bisa terjun dan mengikuti segala informasi dan berita yang bisa disampaikan melalui teknologi multimedia baik yang berbahasa nasional maupun yang berbahasa asing Umumnya bahasa inggris. Inilah beberapa alasan kenapa kami menggunakan 2 bahasa asing di sekolah SMK Rabbaanii Islamic Boarding School.

I. Alasan menggunakan Bahasa Inggris


1. Membantu dalam menjawab soal untuk mendapatkan Sertifikat Internasional dari Luar Negeri
Khususnya di SMK Rabbaanii. Sertifikat Internasional yang harus di dapatkan diantaranya yaitu untuk Jurusan Teknologi Komputer Jaringan adalah Sertifikat Mikrotik Academy: MTCNA dan untuk Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak adalah sertifikat dari Oracle Academy. Setiap kali ujian diadakan secara online dan bahasa pengantarnya adalah bahasa inggris.
2. Most Used Language in the World / Bahasa paling banyak digunakan diseluruh dunia
Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang umumnya dipakai hampir diseluruh Negara, disamping dari bahasa nasional mereka. Mungkin secara sadar atau tidak sadar bahwa setiap kita membeli peralatan elektronik, handphone baru, laptop baru atau sekedar membuka aplikasi atau website tertentu di internet, hampir seluruhnya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Bahasa Inggris menjadi bahasa ‘default’ di berbagai aspek kehidupan kita.
3. Increase Your Value / Meningkatkan Nilai Kemampuan Diri
Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling sering digunakan atau paling umum dipakai di seluruh dunia. Bahasa Inggris menjadi bahasa yang digunakan dalam sains, penerbangan, komputer, diplomasi dan pariwisata. Bukan hanya terbatas untuk sektor-sektor tersebut, bahasa Inggris juga digunakan untuk sektor lainnya.
Banyaknya sektor yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar membuat bahasa ini menjadi bahasa yang penting dalam segala aspek. Dengan mengetahui dan menguasai bahasa Inggris, akan meningkatkan value atau nilai dalam diri kita terutama saat melanjutkan pendidikan dan mencari pekerjaan. Menguasai bahasa Inggris juga meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang baik di perusahaan multinasional di dalam negeri atau mendapat pekerjaan di luar negeri.
4. Official Language of 53 Countries / Bahasa Resmi dari 53 Negara
Untuk Anda yang menyukai kegiatan travelling atau jalan-jalan, maka mempelajari, mengetahui dan mengerti bahasa Inggris menjadi sebuah kewajiban bagi Anda. Terutama jika Anda senang untuk bepergian ke tujuan atau destinasi di luar negeri seperti Amerika atau Eropa.
Mengapa bahasa Inggris sangatlah penting? Karena bahasa Inggris menjadi bahasa resmi 53 negara yang ada di dunia. Ada banyak hal yang bisa Anda nikmati dengan penuh dan Anda bisa berkenalan dengan orang di Negara-negara tersebut tanpa merasa kesulitan dengan menguasai bahasa Inggris.
5. First Language of More than 400 Million People / Bahasa pertama dari lebih 400 juta orang
Bahasa Inggris menjadi bahasa pertama bagi lebih dari 400 juta orang di dunia. Selain itu, bahasa Inggris juga menjadi bahasa utama yang digunakan untuk melakukan komunikasi dalam dunia bisnis. Oleh karena itu untuk memasuki suatu usaha ataupun kegiatan perekonomian sangat dituntut untuk menguasai bahasa Inggris, terutama bagi usaha yang mempunyai aktivitas berhubungan dengan perusahaan-perusahaan di negara-negara lain.
Sebagai contoh, bisa kita lihat China. Sebagai salah satu Negara yang berperan sebagai pemimpin dalam inovasi bisnis dan pembangunan ekonomi, China tetap menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa yang mereka gunakan dalam kegiatan ekonomi yang dilakukan antar Negara, atau antara perusahaan-perusahaannya.
6. Language of the Media Industry / Bahasa Industri Media
Selain menjadi bahasa pengantar segala ilmu pengatahuan, bahasa Inggris juga menjadi bahasa pengantar dari industri hiburan dan media di dunia. Walapun memiliki jaringan yang menyediakan berita atau media yang menggunakan bahasa lokal, tapi bahasa Inggris tetap digunakan sebagai bahasa umum.
Misalnya salah satu media internasional BBC atau Reuters, walaupun memiliki beberapa platform yang menyesuaikan dengan bahasa Negara tertentu, kedua media ini tetap menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Selain itu, dengan menguasai bahasa Inggris, Anda tidak perlu bergantung pada terjemahan dan subtitle saat membaca buku, mendengar lagu, menonton film dan show TV favorit Anda.
7. Language of the Internet / Bahasa Internet
Betul sekali, hampir seluruh hal di internet menggunakan bahasa Inggris. Dari mulai search engine yang kita gunakan, hingga website-website yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa umum atau bahasa utama. Selain itu, internet biasanya memiliki banyak forum-forum diskusi dengan topik yang menarik di dalamnya. Dan banyak dari forum forum tersebut yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa untuk berkomunikasi satu sama lain.
Bisa bayangkan bagaimana jadinya jika Anda tidak bisa bahasa Inggris sama sekali? Anda akan sulit untuk mencari informasi, dan Anda juga akan kesulitan saat ingin bergabung dengan suatu forum diskusi tertentu. Karena itu, sangat penting untuk belajar bahasa Inggris sedini mungkin.
8. Belajar Bahasa Asing Memudahkan Kamu Diterima di Dunia Internasional
Nah, untuk kamu yang suka traveling keluar negeri tentu kamu akan menghadapi kendala komunikasi. Jika kamu menguasai bahasa asing, kamu akan mudah berkomunikasi dan nyaman berpergian kemana aja. Bahkan untuk kamu yang menyukai bisnis, dapat menjual produk kamu ke luar negeri, menjalin kerja sama dengan pihak luar negeri, sampai mengembangkan bisnis kamu di luar negeri, lho!
Kalau yang ini, rasanya tidak perlu banyak penjelasan. Pasti kamu sudah menyadari penguasaan bahasa asing akan menguntungkanmu untuk bergaul lintas dunia. Apalagi, di dunia maya yaitu internet kamu akan lebih mudah bermanuver jika kamu menguasai bahasa asing, baik untuk bersosialita, bisnis, dan lain sebagainya.
9. Belajar Bahasa Asing Memudahkan Kamu Mengikuti Perkembangan Teknologi
Siapa sih saat ini yang tidak bergantung kepada teknologi? Pertumbuhan teknologi mostly berbahasa asing, Quipperian, maka akan menguntungkan jika kamu mampu menguasai bahasa asing dengan baik. Dengan begitu, kamu akan mengikuti perkembangan teknologi yang kian pesat dari waktu ke waktu, bukan?
10. Belajar Bahasa Asing Memudahkan Kamu Melanjutkan ke Jenjang Pendidikan yang Lebih Tinggi di Luar Negeri
Banyaknya beasiswa ke luar negeri dari pemerintah Indonesia, jauh lebih berpotensi besar didapatkan jika kamu memiliki kemampuan bahasa asing, Quipperian. Meskipun kamu harus tetap bersaing dengan kandidat yang lain, setidaknya peluangmu akan lebih besar, bukan?
11. Belajar Bahasa Asing Memudahkan Kamu Mendapatkan Beasiswa dari Luar Negeri
Selain berpeluang mendapatkan beasiswa dari pemerintah ke luar negeri, kamu yang menguasai bahasa asing juga berkemungkinan besar mendapatkan tawaran beasiswa dari luar negeri, lho! Kesempatan ini tidak mudah didapatkan. Jadi sangat beruntung bila kamu bisa lolos beasiswa karena kemampuan bahasamu!
12. Belajar Bahasa Asing Memudahkan Kamu Mendapatkan Pekerjaan
Kebanyakan perusahaan memasukan kemampuan bahasa asing di dalam kualifikasi yang harus dimiliki calon karyawannya. Karena rata-rata yang diprioritaskan dapat menguasai bahasa asing, maka kamu yang seorang lulusan bahasa asing, tentu akan mempunyai nilai kemampuan bahasa asing seperti: TOEFL atau Noryoukusiken, untuk penguasaan Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang. Hal inilah yang akan menjadi bahan pertimbangan yang sangat kuat saat melamar pekerjaan,
Sumber: berbagai sumber
https://www.ef.co.id/englishfirst/englishstudy/dialog-bahasa-inggris/10-alasan-belajar-bahasa-inggris.aspx

II. Alasan menggunakan Bahasa Arab


Walau kita bukan orang Arab, namun manfaatnya cukup besar jika kita mau mempelajari bahasa Arab.
Ini beberapa alasan kenapa kita mesti luangkan waktu untuk belajar bahasa Arab.
1. Pertama:
Keutamaan bahasa Arab amatlah jelas karena bahasa Arab adalah bahasa Al-Qur’an Al-Karim. Cukup alasan inilah yang jadi alasan besar kenapa kita harus mempelajari bahasa Arab. Keistimewaan bahasa Arab disebutkan dalam Al-Qur’an lebih dari sepuluh tempat, di antaranya pada ayat,
وَلَقَدْ ضَرَبْنَا لِلنَّاسِ فِي هَذَا الْقُرْآنِ مِنْ كُلِّ مَثَلٍ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ . قُرْآنًا عَرَبِيًّا غَيْرَ ذِي عِوَجٍ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ
“Sesungguhnya telah Kami buatkan bagi manusia dalam Al Quran ini setiap macam perumpamaan supaya mereka dapat pelajaran. (Ialah) Al Quran dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) supaya mereka bertakwa.” (QS. Az-Zumar: 27-28)
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata,
اللِّسَانُ العَرَبِي شِعَارُ الإِسْلاَمِ وَأَهْلِهِ
“Bahasa Arab adalah syi’ar Islam dan syi’ar kaum muslimin.” Disebutkan dalam Iqtidha’ Shirath Al-Mustaqim.
2. Kedua:
Dengan mempelajari bahasa Arab lebih mudah dalam menghafalkan, memahami, mengajarkan dan mengamalkan isi Al-Qur’an. Dengan modal bahasa Arab akan mudah pula dalam memahami hadits-hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, menghafalkan, menjelaskan serta mengamalkannya.
3. Ketiga:
Orang yang paham bahasa Arab, terutama paham kaedah-kaedah dalam ilmu nahwu akan semakin mudah memahami Islam daripada yang tidak mempelajarinya sama sekali. Apalagi jika tugas seseorang sebagai penyampai dakwah, menjadi seorang da’i, kyai atau ustadz, tentu lebih urgent lagi mempelajarinya agar mudah memberikan pemahaman agama yang benar pada orang banyak.
4. Keempat:
Orang yang paham bahasa Arab akan mudah menggali ilmu dari ulama secara langsung atau membaca berbagai karya ulama yang sudah banyak tersebar hingga saat ini. Sedangkan yang tidak paham bahasa Arab hanya bisa mengandalkan kitab terjemahan dan itu sifatnya terbatas.
5. Kelima:
Bahasa Arab itu bahasa yang lembut dan lebih mengenakkan hati, serta menentramkan jiwa.
Ibnu Katsir saat menjelaskan surat Yusuf ayat kedua menyatakan,
لأن لغة العرب أفصح اللغات وأبينها وأوسعها، وأكثرها تأدية للمعاني التي تقوم بالنفوس
“Karena bahasa Arab adalah bahasa yang paling fasih, paling jelas, paling luas (kosakatanya), dan paling banyak mengandung makna yang menentramkan jiwa.”
6. Keenam:
Bahasa Arab adalah bahasa yang paling mulia.
Ibnu Katsir rahimahullah juga menyatakan,
فلهذا أنزلَ أشرف الكتب بأشرف اللغات، على أشرف الرسل، بسفارة أشرف الملائكة، وكان ذلك في أشرف بقاع الأرض، وابتدئ إنزاله في أشرف شهور السنة وهو رمضان، فكمل من كل الوجوه
“Karena Al-Qur’an adalah kitab yang paling mulia, diturunkan dengan bahasa yang paling mulia, diajarkan pada Rasul yang paling mulia, disampaikan oleh malaikat yang paling mulia, diturunkan di tempat yang paling mulia di muka bumi, diturunkan pula di bulan yang mulia yaitu bulan Ramadhan. Dari berbagai sisi itu, kita bisa menilai bagaimanakah mulianya kitab suci Al-Qur’an.”
Oleh karena itu Allah nyatakan tentang bahasa Arab,
إِنَّا أَنزلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ
“Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.” (QS. Yusuf: 2)
7. Ketujuh:
Bahasa Arab adalah bahasa yang lurus, mudah dipahami dan mudah digunakan sebagai hukum bagi manusia.
Allah menyatakan sendiri,
قُرْآَنًا عَرَبِيًّا غَيْرَ ذِي عِوَجٍ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ
“(Ialah) Al-Qur’an dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) supaya mereka bertakwa.” (QS. Az-Zumar: 28)
Dalam ayat lain disebutkan,
وَإِنَّهُ لَتَنْزِيلُ رَبِّ الْعَالَمِينَ (192) نَزَلَ بِهِ الرُّوحُ الْأَمِينُ (193) عَلَى قَلْبِكَ لِتَكُونَ مِنَ الْمُنْذِرِينَ (194) بِلِسَانٍ عَرَبِيٍّ مُبِينٍ (195)
“Dan sesungguhnya Al Quran ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam, dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril), ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan, dengan bahasa Arab yang jelas.” (QS. Asy-Syu’ara: 192-195). Sebagaimana disebutkan dalam Zaad Al-Masiir karya Ibnul Jauzi, Al-Qur’an diturunkan dengan bahasa Arab yaitu bahasanya orang Quraisy yang setiap orang mudah memahaminya.
Juga dalam ayat lain disebutkan,
وَكَذَلِكَ أَنْزَلْنَاهُ حُكْمًا عَرَبِيًّا
“Dan demikianlah, Kami telah menurunkan Al Quran itu sebagai peraturan (yang benar) dalam bahasa Arab.” (QS. Ar-Ra’du: 37). Disebutkan dalam Tafsir Al-Jalalain, bahasa Arab digunakan sebagai hukum di tengah-tengah manusia. Dalam Zaad Al-Masiir disebutkan bahwa bahasa Arab bisa digunakan untuk menerangkan hukum-hukum yang wajib.
Masih tak tergerak hati Anda untuk mempelajari bahasa yang paling mulia dan dicintai oleh Allah?
Semoga Allah mudahkan untuk mempelajari bahasa Arab. Ihrish ‘ala maa yanfa’uk, semangatlah dalam hal yang manfaat untukmu.
Sumber: https://rumaysho.com/12720-7-alasan-harus-belajar-bahasa-arab.html

Belum ada Komentar untuk Alasan Mengapa Sekolah SMK Rabbaanii Islamic Boarding School Menggunakan Bahasa Asing dalam Bahasa Pengantar dalam Kegiatan Belajar Mengajar, Selain Bahasa Nasional Bahasa Indonesia.

Silahkan tulis komentar Anda

a Artikel Terkait Alasan Mengapa Sekolah SMK Rabbaanii Islamic Boarding School Menggunakan Bahasa Asing dalam Bahasa Pengantar dalam Kegiatan Belajar Mengajar, Selain Bahasa Nasional Bahasa Indonesia.

Ta’jil/ Buka Bersama

Ta’jil/ Buka Bersama

T 20 April 2016 F A admin rbs

Kegiatan Ta’jil/buka bersama setelah shaum sunnah senin/kamis para santri bersama Asatidzah di mushalla.  

Penggunaan Jimat Atau Rajah Tetap Syirik, Walau Berkeyakinan Sekedar Sebab 10

T 10 April 2017 F A ahmad

Menganggap jimat sebagai sebab, padahal itu bukanlah sebab, dinilai telah ikut serta bersekutu dengan Allah Ta’ala dalam menentukan hukum tentang sesuatu itu sebagai sebab, padahal Allah Ta’ala tidak menjadikannya sebagai sebab Jika ditinjau dari makna dalil-dalil tentang larangan penggunaan jimat... Selengkapnya

Penggunaan Jimat Atau Rajah Tetap Syirik, Walau Berkeyakinan Sekedar Sebab 9

T 10 April 2017 F A ahmad

Perhatikanlah, bagaimana sikap sosok sahabat Ahli Tafsir, Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu yang sama dengan sikap Hudzaifah radhiyallahu ‘anhu ketika mendapatkan orang yang memakai jimat! Di dalam kitab At-Tauhid alladzi huwa haqqullahi ‘alal ‘abid disebutkan: “Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi staff kami untuk mendapatkan informasi yang lebih rinci mengenai Rabbaanii Boarding School

TK,SD,SMP,SMK Islam Boarding School

Jl. Cimandiri 8 B RT 06/02 Graha Asri 17550 Jatireja, Cikarang Timur – Bekasi

Scan Lokasi Kami

Kontak Kami

Telp,Sms,Wa = 0852 1875 7779 (Ustazah. UUN Wahyuni, A.Md.)

Telp,Sms,Wa = 0812 9531 2585 (Ust. Isrun Abdurrahman, Lc.) Bag. SDIT dan SMPI

Sms/WA : 0818 878 509
(Ust. Nur Aminuddin, S.T.) Bag. SMKI

Klik Disini : Fanpage RBS Internasional

Email : info@rbs.sch.id

Web : rbs.sch.id

Tentang Kami

SMK Rabbaanii adalah SMK yang berlandasan dengan Al Quran dan Sunnah sesuai dengan pemahaman para sahabat SMK Rabbaanii memiliki Moto “Jago Berkarya Berakhlak Mulia” memiliki akhlak yang baik adalah misi utama kami dalam mendidikan siswa-siswa kami selain itu setiap siswa di wajibkan untuk memiliki hasil karya baik itu di tingkat awal maupun tingkat akhir, karya yang dapat di hasilkan berupa BUKU, Script Project sampai dengan Applikasi Mobile yang dapat di unduh di Playstore